Cara Pindah WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Kehilangan Data

cara pindah whatsapp ke hp baru tanpa kehilangan data

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan WhatsApp untuk bisnis dan sebagainya, tentu saja ada hal penting yang tercatat di dalamnya. Nah sebuah masalah bisa jadi muncul pada perangkat anda ataupun anda ingin berganti handphone. Kadang kadang, pesan WhatsApp yang sudah lama tidak mau berpindah ke perangkat baru. Nah bagaimana caranya agar bisa berpindah? berikut adalah cara pindah WhatsApp ke hp baru tanpa kehilangan data.

Cara Pindah WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Kehilangan Data

Gunakan Google Drive Backup & Restore

WhatsApp versi baru sudah menyertakan fitur backup ke Google Drive. Fitur ini memudahkan proses backup riwayat chat anda ke Google Drive dan restore datanya ke perangkat baru. Berikut caranya.

  • Tekan 3 titik vertikal di kanan atas jendela WhatsApp. Masuk menu Settings > Chats > Chat backup.
  • Di sini kita bisa pilih opsi backup manual atau otomatis backup. Ketika WhatsApp anda reinstall, ini akan memberikan opsi restore data dari Google Drive selama akun yang anda gunakan untuk backup sudah log in.
  • Riwayat chat dan kontak akan otomatis muncul di list WhatsApp. Sementara itu, Foto dan video akan didownload di background aplikasi secara bertahap.

Backup Dan Restore WhatsApp Manual

Langkah lain untuk backup WhatsApp tanpa menggunakan layanan otomatis adalah dengan cara backup manual. Caranya cukup mudah yaitu:

  • Buka menu Settings, kemudian tap menu Chats and calls, kemudian tap Chat backup.
  • Jika perangkat lama dan baru memiliki fitur slot microSD, cara mudahnya adalah masukkan microSD card ke handphone lama, dan simpan backup ke microSD. Kemudian Pasang ke handphone baru, kemudian restore WhatsApp dari microSD.
    cara pindah whatsapp ke hp baru tanpa kehilangan data
    illustrasi memindah data whatsapp

Untuk perangkat yang tidak memiliki opsi slot microSD, silahkan coba langkah berikut.

  • Sambungkan perangkat lama anda ke komputer menggunakan kabel data. Masuk ke direktori instalasi WhatsApp dan arahkan ke folder WhatsApp/Database. Copy database dengan data creation paling terbaru ke komputer.
  • Install WhatsApp ke perangkat baru. JANGAN BUKA WHATSAPP yang baru saja anda install.
  • Sambungkan perangkat baru ke komputer. Arahkan ke folder WhatsApp di perangkat baru.
  • Karena WhatsApp belum dipakai, maka folder database belum terbuat. Anda bisa buat secara manual dengan membuat new folder kemudian diberin nama foldernya Databases.
  • Copy file hasil backup dari perangkat lama yang sudah anda simpan ke folder Databases yang baru anda buat.
  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat baru kemudian verifikasi nomor telepon anda.
  • Anda akan mendapat notifikasi bahwa backup pesan ditemukan. Silahkan tap Restore dan tunggu sampai pesan WhatsApp anda muncul di perangkat baru.

Transfer WhatsApp Chat dari Iphone ke Android

Sampai sekarang, backup dari Iphone ke Android masih belum bisa dilakukan tanpa aplikasi pihak ke tiga. Bagi pengguna Iphone, fitur backup dan restore bisa dilakukan menggunakan Icloud seperti fitur Google Drive. tetapi ini hanya bisa digunakan untuk transfer dari antar iPhone.

Demikian artikel cara pindah whatsapp ke hp baru tanpa kehilangan data. Jika anda memiliki pengalaman lainnya terkait hal ini, silahkan anda tambahkan di kolom komentar di bawah ini.


referensi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar