Cara Menggunakan Android Tanpa Layanan Google

 

cara menggunakan android tanpa layanan google

Hai sobat KangMus, tentu kita sangat tahu betapa powerfulnya Google dan segala produknya. Hampir segala aspek sangat membutuhkan produk dari Google. Bahkan hampir semua bisa kita nikmati dengan gratis. Tetapi pernahkah kita menyadari bahwa kita sudah membayarnya dengan data pribadi kita? Sebagai contoh, kita menggunakan smartphone Android. Hampir semuanya terdapat produk Google kan? Dan data kita akan di simpan di server Google. Nah yang jadi pertanyaannya dapatkah kita berhenti menggunakan laanan Google di smartphone Android? Berikut adalah cara menggunakan Android tanpa layanan Google.

Cara Menggunakan Android Tanpa Layanan Google

Nah pada artikel kali ini, saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Whyred. Jadi trik ini bisa anda sesuaikan dengan perangkat yang anda miliki.

Alat dan Bahan

  • Smartphone Android.
  • Custom Recovery.
  • Custom ROM untuk perangkat android anda. Disini saya menggunakan Lineage OS.
  • MicroG

Link Download

Lineage OS

MicroG

Newpipe

Vanced

Cara Menggunakan Android Tanpa Layanan Google

  • Pastikan anda sudah melakukan backup data penting di ponsel anda.
  • Masuk ke custom recovery.
  • Flash custom ROM dengan melakukan wipe data, cache dan dalvick serta system.
  • Flash MicroG modul. Proses ini tergantung pembuat custom rom yang anda pakai. Beberapa custom rom sudah menyertakan MicroG di ROM nya.
  • Flash nanodroid patcher untuk mengaktifkan signature spoofing.
  • Restart dan proses selesai. 

Perlu anda ketahui bahwa kita belum bisa 100% meninggalkan layanan Google. Beberapa aplikasi android semacam Instagram dan lainnya yang menggunakan fingerprint maps masih memerlukan layanan Google. Jadi tanpa layanan Google, aplikasi ini tidak akan berjalan. Nah di sinilah peranan MicroG berjalan. MicroG adalah implementasi dari propprietary library Google yang sifatnya free dan open source yang menggantikan Google Play Servis di Android OS. Ini memberikan keuntungan bagi kita untuk memanfaatkan layanan Google Play Servis tanpa tracking dari Google.

Menghindari produk Google berarti juga menghindari Google Play Store. Jadi anda tidak memungkinkan untuk menggunakan aplikasi berbayar dari Google Play. Jadi kita sebenarnya belum bisa sepenuhnya beralih dari Google 100 persen. Nah untuk aplikasi alternatif dari produk Google adalah sebagai berikut.

Alternatif Google Apps

Browser

Alternatif pengganti Google Chrome adalah Firefox dan Tor Browser. Browser ini berbasis Google Open Source engine render web Chromium. Keduanya dibuat secara independen sebagai perusahaan lain yang berbeda dari Google.

cara menggunakan android tanpa layanan google
firefox browser android

Email

Email alternatif dari Gmail adalah Protonmail. Layanan ProtonMail dibuat oleh CERN dan ilmuan MIT. Proton Mail bersifat open source dan dilindungi oleh hukum privacy Swiss. Layanan ini mengklaim menggunakan ekripsi end to end dan memiliki fitur keamanan untuk menjaga privasi komunikasi anda. Jadi perusahaan hosting email anda sangat kecil kemungkinan untuk membaca email anda.

cara menggunakan android tanpa layanan google
tampilan protonmail

Navigasi / Map

Meski Google Map adalah salah satu Map terbaik, anda bisa mencoba alternatif map lainnya. Ada OsmAnd, Maps.me, dan Axet Maps yang dapat dijadikan alternatif dari Google Maps. Semua dibuat dari proyek komunitas OpenStreetMap.

cara menggunakan android tanpa layanan google
tampilan osmand map

Layanan Penyimpanan Awan / Cloud Storage

Ada beberapa layanan storage atau penyimpanan online. Salah satu yang bisa dijadikan penyimpanan awan adalah Mega. Jika anda mencar yang open source, bisa lirik NextCloud.

cara menggunakan android tanpa layanan google
mega cloud

Text Editing

Alternatif Google Keep adalah Potato notes yang dibuat oleh Potato Open Source Project. Aplikasi ini memiliki fitur seperti Google Keep.

cara menggunakan android tanpa layanan google
potato notes

Youtube

Alternatif untuk aplikasi Youtube adalah Newpipe dan Vanced. Keduanya memberi pengalaman berbeda tanpa adanya iklan. Newpipe menawarkan subscribe tanpa masuk ke akun anda.

cara menggunakan android tanpa layanan google
newpipe youtube client

Tanpa Google saat ini, hidup kita mungkin terdengar sulit. Akan tetapi setelah mencoba beberapa saat, anda akan terbiasa dan akan menemukan alternatif yang baik.

Pada akhirnya, semua kembali kepada pilihan kita semua. Ada sebagian orang yang merasa diuntungkan, ada pula yang merasa seperti dimata-matai. So, silahkan kemukakan pendapat anda dengan menulis komentar di bawah ya.

sumber

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar