Cara Memperbaiki Sensor Xiaomi Semua Seri

cara memperbaiki sensor xiaomi semua seri

Hai Sobat KangMus, lama saya tidak membagikan artikel dan tips. Maklum ditengah kesibukan aktifitas harian, sampai ngeblognya keteteran. Pada artikel kali ini, KangMus akan berbagi informasi tentang sensor handphone. Seperti yang tertera pada judul artikel ini yaitu cara memperbaiki sensor xiaomi semua seri. Apakah maksud dari judul tersebut? Artikel ini memilih judul tersebut karena beberapa teman pengguna Xiaomi mengalami masalah pada sensor di handphone mereka. Tentu saja gaming menjadi kurang menarik jika ada sensor yang kurang sempurna di hanphone kita bukan? Melalui artikel ini, KangMus berusaha untuk membantu mencari jalan keluarnya.

Cara Memperbaiki Sensor Xiaomi Semua Seri

Pada artikel kali ini, sample yang akan kita perbaiki adalah Redmi Note 5 AI. Jika pada tutorial sebelumnya KangMus sudah membahas bagaimana cara memperbaiki sensor di Xiaomi Redmi Note 5 AI Whyred, khusunya yang sudah ROOT, maka pada artikel kali ini akan disuguhkan cara yang berbeda dari metode sebelumnya. Mari kita langsung saja menuju pokok pembahasannya.

Direkomendasikan

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 6 Pro

Alat dan Bahan

  1. Redmi Note 5 Whyred. Pastikan sudah terinstal TWRP Recovery. Tutorial ada di sini.
  2. Fastboot ROM Redmi Note 5 Whyred terbaru. Silahkan Download di sini.
  3. Komputer untuk ekstrak Fastboot ROM. Bisa juga ekstrak ke handphone selama memori penyimpanan cukup.
cara memperbaiki sensor xiaomi semua seri
sensor pada handphone xiaomi

Langkah – Langkah Cara Memperbaiki Sensor Xiaomi Semua Seri

  1. Pastikan anda menggunakan versi rom dengan versi dibawah atau sama dengan fastboot rom.
  2. Copy file Persist.img dari File Fastboot ROM yang sudah anda download ke folder root  internal memori. Lokasi file ada di LokasiDownloads\whyred_global_images_V10.0.4.0.OEIMIFH_20181101.0000.00_8.1_global_0755bb40cc\whyred_global_images_V10.0.4.0.OEIMIFH_20181101.0000.00_8.1_global\images.
  3. Reboot Handphone ke TWRP Recovery.
  4. Masuk ke menu Advanced – Terminal.
  5. Ketikkan script berikut ini. simg2img /sdcard/persist.img /sdcard/persist_EXT4.imgTekan Enter / OK. Script ini berfungsi untuk mengubah compressed image persist.img menjadi raw file image bernama persist_EXT4.img.
  6. Setelah itu ketikkan script berikut ini. dd if = /sdcard/persist_EXT4.img of=/dev/block/rootdevice/by-name/persist . Tekan OK / Enter. Script ini akan mempartisi ulang pada partisi persist menggunakan file image persist_EXT4.img dari rom fastboot yang kita paste tadi. Menurut beberapa sumber, partisi persist memuat beberapa driver untuk sensor yang mati tersebut.
  7. Restart Handphone anda. Sensor harusnya sudah kembali normal.

Jika anda masih merasa bingung, silahkan anda simak video berikut ini.

Demikian artikel tentang Cara memperbaiki sensor xiaomi semua seri. Jika anda memiliki pengalaman lain terkait artikel ini, silahkan anda menambahkannya di kolom komentar di bawah ini.

PERHATIAN!!!

PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SEGALA KERUSAKAN PERANGKAT  DAN ATAU KEHILANGAN DATA YANG TIMBUL AKIBAT TUTORIAL INI. PASTIKAN ANDA SUDAH MELAKUKAN BACKUP SEGALA DATA ANDA!!!

referensi: xda, forum miui, 4pda.ru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.