sebuah pc dengan amd ryzen di dalamnya

AMD Ryzen, Spesifikasi dan Harga

Seperti yang telah diberitakan banyak pihak, hari ini tanggal 2 Maret 2017, AMD secara resmi merilis Ryzen, processor generasi terbarunya. Sesuai judul artikel ini, segala sesuatu yang perlu diketahui dari AMD Ryzen dapat kita simak pada artikel berikut.

Ryzen adalah processor dekstop terbaru dari AMD yang dirilis belum lama ini. Processor ini dikabarkan bakal hadir dengan peningkatan yang signifikan dengan tujuan agar mampu bersaing dengan processor Intel.

amd ryzen dan cooler detail

amd ryzen

Tanggal Rilis AMD Ryzen

AMD Ryzen secara resmi dirilis tanggal 2 Maret 2017. Ryzen datang dengan 3 variasi produk yang berbeda, dengan harga dan kemampuan yang berbeda pula. Pada awal peluncuran Ryzen, AMD hanya meluncurkan Ryzen 7 yang merupakan produk yang digadang gadang sebagai pesaing dari seri Intel Core i7. Tidak menjadi mustahil, ke depannya AMD akan meluncurkan produk yang akan dijagokan untuk bersaing dengan semua produk dari Intel.

Harga AMD Ryzen

Bicara soal harga, tentu hal ini menjadi sangat sensitif untuk dibicarakan. Jika mengacu pada tujuan AMD meluncurkan Ryzen 7 untuk bersaing dengan keluarga sei Intel Core i7, maka harga yang akan dipatok tentu saja relatif tinggi. Ryzen 7 1800X akan tersedia di pasaran dengan kisaran harga US$ 499. Akan tetapi jika dibandingkan dengan intel core i7 6900K, kita bisa mendapat sebuah processor dengan kapabilitas menyerupai dengan Intel core i7 dengan harga yang relatif lebih murah.

Spesifikasi AMD Ryzen

Ryzen didesain oleh AMD untuk memberikan performa yang bagus bahkan saat mendapatkan beban kerja yang cukup tinggi. Selain itu, AMD juga merancangnya agar mendukung dengan perangkat keras terbaru dari komputer gaming. Untuk mewujudkannya, AMD menghadirkan variasi chipset untuk processor ini yaitu X370dan X300 dengan socket processor menggunakan socket AM4.

Dengan ini berarti AMD Ryzen membutuhkan perangkat yang serba baru serta sistem operasi yang lebih baru juga.  Berikut adalah teknologi motherboard yang harus didukung dalam penggunaan Ryzen.

  • Memori Dual Channel.
  • NVMe-Non Volatile Memory express, yaitu teknologi yang menjanjikan kecepatan melebihi SATA. Biasanya dipadukan denga SSD.
  • M.2 SATA.
  • USB 3.1 Generasi 1 dan generasi 2.
  • Kompatibel dengan PCIEx 3.0

Dengan arsitektur yang dibangunnya, Ryzen digadang mampu memberikan data troughput dan eksekusi instruksi yang maksimal, didukung bandwidth yang besar, serta dukungan cache memori dengan latency yang rendah untuk efisiensi komputasi yang optimal. Jadi pada semua model Ryzen akan dilengkapi dengan:

  • Dua thread per core.
  • L3 cache 8MB Shared.
  • Unified L2 cache luas.
  • Micro-op cache.
  • Dua AES Unit untuk keamanannya.
  • Finfet transistor.

Sekilas adalah detail dari 3 level tertinggi dari Ryzen adalah :

  • AMD Ryzen 7 1800X -3.6 GHz, Octa Core  dilengkapi dengan teknologi  EFR -Extended Frequency Range- yang memungkinkan kecepatan clock processor seri ini dapat di naikkan menjadi 4 GHz. TDP yang dimiliki adalah sebesar 95 Watt.
  • AMD Ryzen 7 1700X 3.4 GHz, Octa core dengan EFR hingga 3.8 GHz, dengan TDP 95 watt.
  • AMD Ryzen 7 1700, 3.0 GHz, octa core dengan TDP 65 watt.

Jadi persiapan apakah yang sudah anda lakukan untuk mencicipi teknologi Ryzen? Persiapkan juga tabungan anda untuk membeli perangkat komputer baru yang mampu mendukung teknologi Ryzen ini.

sebuah pc dengan amd ryzen di dalamnya

sebuah pc dengan amd ryzen di dalamnya

 

sumber

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.