Google Lindungi User Dari Tombol Download Palsu

Tahun lalu, Google berkomitmen untuk melindungi pengguna internet dari serangan dunia maya. Serangan itu bisa berupa social engineering-sebuah cara yang dipakai spammer untuk mendapatkan username dan password suatu akun. Saat ini, Google juga meningkatkan perlindungan terhadap pengguna dari tombol-tombol download yang bersifat menipu.

Salah satu contoh situs dengan pop up yang diindikasikan menipu

Bagi pengguna smartphone Android, tentu saja di sini yang dimaksud adalah pengguna awam, kadang menjumpai sebuah pop up yang menyatakan bahwa handphone anda terkena serangan virus. Ada juga pop up yang menyarankan kita untuk mengupgrade versi Software Android kita. pop up tersebut menginformasikan bahwa versi os kita sudah terlalu tua, apakah akan diupdate atau tidak.

Tetapi jangan panik, Google sudah menyediakan Google chrome versi terbaru yang menyertakan fitur pengamanan bagi para penggunanya. Versi terbaru tersebut, kini sudah bisa diunduh dari Playstore. Setelah kita update versi Chrome kita, setting tentang fitur safe browsing yang digagas oleh Google dapat kita setting dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Chrome versi terbaru. Cari tiga titik vertikal di ujung kanan atas layar smartphone Android kita. 
  2. Tampilan Chrome di Android
  3. Klik 3 titik vertikal tersebut, akan muncul seperti pada gambar, kemudian tap menu setting. 
    tombol vertikal ketika di tap
  4. Masuk ke menu Privacy. 
    Pilih menu privacy 
  5. Centang pada menu Safe Browsing. 
    Centang pilihan Safe Browsing

Sekarang Chrome kita sudah menggunakan fitur safe browsing yang dicanangkan oleh Google. Semoga transaksi anda menjadi lebih aman dan nyaman. 

Like, Share, & subscribe Artikel ini jika bermanfaat untuk anda 🙂

diolah dari beberapa sumber

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.