Jepang Pecahkan Rekor Kereta Api Tercepat di Dunia

Masih hangat berita tentang kereta cepat di Indonesia yang digagas oleh presiden kita, bapak Jokowi. Kereta cepat itu rencananya akan menghubungkan antara kota Jakarta di propinsi DKI Jakarta dengan kota Bandung di propinsi Jawa Barat. Banyak Media yang memberitakan bahwa proyek tersebut masih menjadi polemik di sebagian kalangan.

Kita tinggalkan rencana pembangunan kereta cepat di Indonesia. Kali ini kita akan menuju Jepang, negara dengan etos kerja warganya yang cukup tinggi. Belum lama, perusahaan kereta api di Jepang mendemonstrasikan kereta cepat hasil teknologi mereka. Kereta yang mereka demonstrasikan adalah kereta ke 7 dari model maglev.

Maglev adalah akronim dari Magnet Levitation. Magnet Levitation adalah posisi di mana sebuah benda bisa melayang karena berada di area medan magnet yang berkutub sama. Mengacu pada sifat magnet yaitu jika kedua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan terjadi tolak menolak antara kedua kutub tersebut. hal inilah yang menimbulkan levitasi.

Kembali ke kereta cepat maglev seri ke 7. Diseri ini, Jepang mengklaim bahwa kecepatan yang dicapai dapat mencapai 600 km/jam. Pencapaian ini sekaligus memecahkan rekor kecepatan seri maglev sebelumnya pada tahun 2003 dengan capaian 581 km/jam. Pada demo kali ini, kereta The Lo Series membawa pekerja rel kereta sebanyak 49 orang. Jarak 1,8 km bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 11 detik. Ini menggambarkan bahwa kecepatan yang dicapai lebih dari 600 km/jam. Sungguh Fantastis

Bagaimanakah maglev bekerja?

Kereta maglev bekerja dengan cara meletakkan elektromagnet di sisi samping kereta dan bagian bawah. Sisi di samping rel adalah berfungsi sebagai pengendali laju kereta(mirip roller pada tamiya). Agar lebih jelas ilustrasi pengambarannya dapat dilihat pada ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi maglev(theguardian.com)

sumber:theguardian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *