Penyelesaian Kubus Rubik 1 Detik Menggunakan Robot

Tahukah anda tentang kubus rubik?

Ya, hampir sebagian besar anak-anak jaman sekarang pernah memainkannya.

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur yang berasal dari Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya(https://id.wikipedia.org/wiki/Kubus_Rubik).

Ilustrasi Kubus Rubik

Di jaman sekarang, pemakaian robot sebagai sarana membantu memecahkan segala bentuk permasalahan manusia sudah bukan hal asing lagi. Beberapa engineer luar negeri mengembangkan robot yang mampu memecahkan kubus rubik dalam waktu hanya 1 detik saja. Sebuah kecepatan yang luar biasa bukan? Ini tentu tidak terlepas dari algoritma yang menjalankan robot tersebut. Perancangnya memaksimalkan algoritma untuk memangkas delay eksekusi perintah dari komputer ke motor controller yang menjalankan motor stepper yang menyusun rubik tersebut.

Penampakan robot yang memecahkan rubik dalam waktu 1 detik(pict by www.roboticgizmos.com)

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video di bawah ini

sumber: www.roboticgizmos.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.