PROXMOX, Solusi Virtualisasi Berbasis Open Source

Di era saat ini, yang sedang menjadi tren adalah cloud computing. Semua serba virtual dan media penyimpanan tidak diletakkan di perangkat lokal kita. Berbicara mengenai virtualisasi, kebanyakan penyedia jasa layanan virtualisasi ada berbagai macam. Mulai dari VMWare, Virtual Box, Proxmox, dan lain lain. Ada yang berbayar seperti VM Ware maupun berlisensi Open Source seperti Proxmox. Ada yang harus diinstall di atas OS seperti Virtual Box ada juga yang Standalone seperti Proxmox. Kali ini kita akan bahs mengenai Proxmox.

Tampilan Proxmox saat dibuka dengan web browser

Proxmox adalah sebuah perangkat lunak untuk mengatur virtual server yang lengkap berbasis open source. Perangkat lunak ini berbasis KVM (Kernel Virtual Machine).
Fitur yang dimiliki oleh Proxmox mendekati yang dimiliki virtual mesin berbayar. Fitur Enterprise, desain antarmuka yang intuitif membantu kita untuk mengelola virtual server yang ada. dengan satu perangkat, kita dapat membuat lebih dari satu virtual server. dengan virtualisasi kita dapat menghemat anggaran biaya belanja hardware serta mengurangi biaya listrik.

Dalam satu Komputer bisa ada beberapa komputer virtual

Nantikan artikel cara menginstall proxmox dan virtual servernya di artikel mendatang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.