Smartphone Android Murah Seharga US$4, Benarkah Ada??

Smartphone US$4, Benarkan Ada?? Tentu saja benar adanya. Sebuah perusahaan di India meluncurkan ponsel pintar termurah tersebut hari ini. Smartphone yang dinamai Freedom 251, buatan Ringing Bells dibanderol dengan harga kisaran Rs 251(kurang dari US$ 4) atau kisaran Rp 50.500,-. Sebuah harga yang relatif cukup terjangkau dan bisa dimiliki hampir setiap orang di mana saat ini hampir semua terhubung dengan koneksi internet.

Freedom 251 (sumber:ndtv.com)

Freedom 251 mempunyai spesifikasi yang cukup lumayan. Jika dilihat dari segi harga yang hanya kurang dari 100.000 ruiah, tentu saja ini sudah lebih dari cukup. Smartphone Freedom 251 memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor dengan clock 1.3GHz Quad Core
  • RAM 1 GB
  • ROM 8 GB
  • Layar 4 inch
  • Kamera utama 3.2 Mega Pixel, kamera depan 0.3 Mega Pixel
  • Batterai 1450 MAh
  • Slot Micro SD upto 32 GB

Meskipun dengan harga murah, Freedom 251 dibekali dengan Android veri 5.1 Lollipop. Ponsel pintar ini juga dilengkapi pre install aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Youtube, Google Play dan WhatsApp. Selain itu juga terinstall aplikasi yang bermanfaat untuk para petani dan nelayan seperti Swachh Bharat, Farmer, Medical and Women Safety.

Perlu diketahui, Ringing Bells didirikan pada tahun 2015, dan telah memroduksi 4 jenis handphone termasuk yang sudah mendukung jaringan 4G yang dihargai Rs 2999 atau setara dengan Rp 600.000.
Mengapa bisa membuat ponsel murah? Perusahaan ini bisa membuat ponsel murah karena mendapat dukungan dari pemerintah. Pemerintah India sedang mengkampanyekan penggunaan produk dalam negeri mereka. Jadi harga murah tersebut karena mendapat subsidi dari pemerintah.

Pihak Ringing Bells mengatakan bahwa ponsel ini memiliki garansi 1 tahun dan tersedia layanan servis center sebanyak 650 yang tersebar di seluruh India. Pemesanan Freedom 251 ini dibuka pada tanggal 18 Februari 2016 jam 06.00 waktu setempat serta ditutup pada tanggal 21 Februari 2016 pukul 20.00 waktu setempat dengan rencana pengiriman paling lambat tanggal 30 Juni 2016.

Tentu saja hal ini sangan menarik bagi India, mengingat India adalah pasar terbesar kedua smartphone di dunia setelah Tiongkok. Selain itu, penggunaan smartphone di India saat ini tengan meningkat. Bahkan merupakan negara dengan pertumbuhan pemakai Smarphone tercepat di dunia.

sumber:mashable.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.