Cara Memperbaiki Error Google Play Services

cara perbaiki error google play services
Pernahkah anda saat membuka aplikasi android tiba -tiba muncul error "Unfotunately, Google Play Servis Has stopped"? Error ini biasanya muncul sebagai pop up dan harus menekan OK untuk menghilangkannya. Eror ini biasa muncul jika kita memasang Google Play Services yang sudah out of date alias tidak up to date. Selain itu juga, install aplikasi yang bukan berasal dari Google Playstore bisa mengakibatkan errornya Google Play Services. Lantas Bagaimana cara memperbaikinya? Tenang saja, KangMus sudah membuat artikelnya. Mari kita simak cara memperbaiki error Google Play Services berikut ini.

Cara Memperbaiki Error Google Play Services


Dalam memperbaiki error google play services ada beberapa cara. Mari kita baca satu per satu pembahasan berikut ini.

Reboot

Pasca install update aplikasi, Google play tidak dapat memverifikasi perangkat kita. Cara termudah adalah dengan me restart android milik kita.

Update Google Play Services Ke Versi Terbaru


JIka anda menggunakan Google Play Servis versi lama, perbaharuilah agar mendapat kinerja yang maksimal. Silahkan anda mendownload dari link di bawah ini untuk memperbaharui versi Google Play Services milik anda. Pesan error yang muncul kemungkinan adalah ketidak kompatibelan Play servis anda dengan android versi sekarang.


Bersihkan Google Services Framework Cache


Google Services Framework menyimpan informasi untuk proses sinkronisasi Android kita dengan server Google. Aplikasi ini berjalan untuk mendukung Google Play Services berjalan normal. Jika Google Services Framework tidak berjalan dengan semestinya, maka akan muncuk pesan error tersebut. Cara membersihkan Google Services Framework adalah sebagai berikut.

  • Buka Setting > Apps.
  • Cari dan buka file Google Services Framework.
  • Tap tombol "Force Stop".
  • Klik tombol clear cache.

Bersihkan Cache dan Restart Google Play Services


Google Play Services melayani terkait update reguler aplikasi. Aplikasi ini juga terhubung dengan Sistem Android yang mengakses segala sesuatu. Terkadang proses ini berhenti bekerja sehingga menghapus cache nya adalah menjadi salah satu solusi. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Setting >> Apps.
  • Cari dan buka Google Play Services App.
  • Klik tombol Force Stop, kemudian klik tombol Clear Cache.
    cara perbaiki error google play services
    google play services

Koneksi Internet

Silahkan anda melakukan cek koneksi internet milik anda. Kemungkinan provider internet berlangganan anda tidak mengijinkan akses internet bagi Googlr Play Services. Atau bisa jadi, Google tidak mengijinkan akses dari ip tertentu.Jika kemungkinan terakhir ini yang terjadi pada anda silahkan cek proxy atau gunakan VPN service.

Bugs


Penggunaan custom rom memang marak di kalangan penggunanya. Jika ini yang terjadi pada anda, pastikan anda menggunakan custom rom versi stabil. Custom ROM yang belum stabil bisa menyebabkan Google Play Servis tidak berjalan normal.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki error Google Play Services di android. Jika anda memiliki tambahan informasi terkait artikel ini, silahkan tambahkan melalui kolom komentar di bawah ini.

sumber

gambar
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar