Cara Mengatasi Error Token Disable4 Lock

cara mengatasi error token disable4 lock
Hai sobat kangmus.net sekalian, apa kabarnya? Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan yaa. Di jaman sekarang ini, segala kemudahan berusaha disediakan oleh banyak vendor. Layanan online mulai bertebaran. Transaksi keuangan pun mulai beralih ke transaksi digital. Salah satunya adalah maraknya website ecommerce dan marketplace. Hal ini didukung oleh perbankan. Mereka semakin memudahkan nasabah untuk bertransaksi tanpa ke ATM atau bank. Cukup dari rumah, transaksi lancar. Untuk mensiasati hal ini, maka pihak perbankan mengeluarkan token untuk membantu validadi transaksi nasabah mereka. Akankan token ini selalu lancar? Jika anda menggunakan token cukup lama, maka daya tahan baterai token akan menurun. Hal ini tentu akan menimbulkan kinerja yang tidak maksimal bahkan error. Salah satu eror adalah lock hingga disable. Sebagai salah satu contoh, token yang eror adalah salah satu bank swasta nasional. Berikut adalah cara mengatasi error token disable4 lock klik BCA.

Cara Mengatasi Error Token Disable4 Lock


Salah satu penggunaan token adalah transaksi keuangan bank BCA yang dikenal dengan klikBCA. Ada berbagai macam kemudahan yang ditawarkan layanan internet banking oleh bank swasta nasional ini. Untuk bertransaksi, nasabah cukup menggunakan internet dan token yang disediakan oleh bank. Bagaimana jika token tersebut error?

Token error bisa terjadi karena salah login berturut-turut, atau tidak sengaja terpencet, atau baterai hampir habis. Bagaimana jika ini terjadi?
Datang ke customer service bank penerbit token. Misalkan CS bank BCA, Bank Mandiri atau lainnya. Anda akan dikenakan biaya terkait penggantian. Untuk bank BCA, info terakhir yang saya dapat adalah sebesar 50 ribu rupiah untuk satu token.
cara mengatasi error token disable4 lock
ilustrasi customer servis(bca.co.id)

Untuk eror lain seperti baterai hampir habis, anda bisa lakukan penggantian baterai sendiri. Atau jika anda tidak ingin repot, datang saja ke CS bank, minta tukar token. Konsekuensinya, anda harus membayar sejumlah uang untuk menebus token baru tersebut.

Pada kasus token BCA error yang saya alami, saat itu hari libur nasional. Disambung dengan libur weekend, jadi kurang lebih 3 hari libur. Token menunjukkan gejala baterai hampir habis. Hal ini dikarenakan pada layar muncul baterai 0, baterai 1, saat tombol merah ditekan.  Kondisi tempat tinggal saya yang cukup jauh dari ATM BCA/ ATM bersama membuat saya harus berfikir kreatif. Karena token ini memiliki memori penyimpanan yang tidak boleh terhapus atau hilang, maka saya harus hati-hati. Saya berfikir bagaimana biar saat baterai diganti, token tidak kehilangan daya. Mari kita simak langkah berikut ini.

Alat Dan Bahan


  • Baterai CMOS /  Baterai CR2032 sebanyak 2 buah.
  • Obeng set.
  • Solder.
  • Tenol.
  • Kabel kecil secukupnya.
  • Socket Baterai CR2032. Saya ambil ini dari motherboard komputer rusak.


Cara Mengatasi Error Token Disable4 Lock Dengan Mengganti Baterai



  • Solder kabel dengan socket baterai CR2032. Pastikan anda mengenali kutub positif dan negatifnya.
  • Buka token dengan menggunakan obeng plus.
  • Setelah terbuka, Cari jalur yang mengarah ke kutub positif dan negatif baterai token. Titik inilah yang akan kita sambungkan dengan baterai eksternal.
  • Solder kutub positif dan negatif token dan sambungkan ke socket baterai. AWAS jangan sampai terbalik. Kita akan memparalel suplay daya token.
    cara mengatasi error token disable4 lock
    jumper baterai token dengan solder
  • Pastikan kabel tersolder dengan kuat. Kemudian pasang baterai eksternal ke socket.
  • Tekan tombol power token untuk menyalakan. Jika muncul pattern pin, maka paralel supplay daya ke token berhasil. Matikan kembali tokennya.
    cara mengatasi error token disable4 lock
    proses paralel daya baterai berhasil
  • Lepaskan baterai token dengan cara mendorongnya ke luar. Pastikan tidak terjadi konslet atau kabel daya eksternal terlepas.
  • Setelah baterai terlepas, pasang baterai barunya. Cek dengan cara menyalakan token. Jika anda lakukan dengan benar, token tidak bermasalah. Matikan lagi tokennya.
  • Lepas kabel yang anda solder ke rangkaian token. Pastikan tidak ada tenol yang tercecer.
  • Cek kembali fungsi token. Jika bisa berfungsi normal, silahkan tutup kembali tokennya.
    cara mengatasi error token disable4 lock
    token siap digunakan
  • Proses penggantian baterai token klikBCA selesai. Anda bisa gunakan kembali untuk bertransaksi.

Silahkan anda lihat video di bawah ini untuk lebih detailnya.


Demikian cara mengatasi error token Disable4 lock klikBCA. Jika anda tidak mau repot, silahkan melakukan penggantian ke customer service bank yang bersangkutan. Ini adalah pengalaman saya yang membutuhkan token untuk bertransaksi saat bank dalam kondisi libur. Jika anda memiliki pengalaman lain terkait hal ini, silahkan anda tambahkan di kolom komentar di bawah ini.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar