Cara Hilangkan Activate Windows Di Komputer

cara hilangkan activate windows di komputer

Ketika anda melakukan penggantian perangkat di komputer anda, maka akan ada sebuah kesempatan munculnya sebuah tulisan atau watermark di kanan bawah layar komputer anda. Watermark tersebut mengatakan bahwa anda butuh untuk mengaktifkan Windows yang anda gunakan. Meski tidak berefek terhadap performance komputer anda, tentu saja hal ini menyebalkan. Berikut adalah cara hilangkan activate windows di komputer yang bisa anda coba.

Apakah Windows Activation Itu?

Microsoft Product Activation adalah teknologi DRM atau singkatan dari Digital Right Management. Point pentingnya, DRM ini seperti COA atau certificate of authenticity atau bukti keaslian. DRM ini yang akan mengirimkan data ke Microsoft tentang konfigurasi perangkat komputer kita, khususnya bukti-bukti keaslian produk yang kita pakai. Data tersebut akan dicocokkan ke database Microsoft untuk mencegah pembajakan software.

Hal ini secara tidak langsung bisa berefek ke PC builder. Jika kita sering berganti part, permintaan untuk proses aktivasi ulang bisa sering muncul, mengingat proses aktivasi software biasanya menyertakan data konfigurasi perangkat sebelumnya.

Cara Hilangkan Activate Windows Di Komputer

Beli Lisensi Windows



Cara termudah untuk menghilangkan tulisan activate windows adalah dengan membeli lisensi. Microsoft Store menjual lisensi digital yang bisa anda isikan di komputer anda. Tetapi jangan kaget jika melihat harga yang ditawarkan. Versi terendah yaitu Windows 10 Home berharga US$ 139. Untuk versi Professional, handa harus menebus dengan harga lebih dari US$200. Alternatif murah lainnya adalah menggunakan lisensi OEM. Tetapi penggunaan lisensi OEM pada PC rakitan yang anda bangun melanggar Microsoft's End User Agreement.

Edit Registry

Metode alternatif cara menghilangkan activate windows di komputer bisa dilakukan dengan mengubah registry windows. Registry windows berisi informasi dan setting terkait aplikasi dan perangkat yang terpasang di sistem operasi windows. Kesalahan mengubah registry, bisa berakibat errornya sistem operasi windows yang anda gunakan. Untuk itu, silahkan ikuti tutorialnya secara tepat dan benar.

  • Buka Windows Registry dengan menekan tombol Windows + R di keyboard. Ketikkan regedit, kemudian tekan enter.
    cara hilangkan activate windows di komputer
    tampilan windows+r

  • Jika muncul pop up User Account Control, tekan tombol Yes untuk melanjutkan.
  • Cari lokasi Registrynya yaitu Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\svsvc.
    cara hilangkan activate windows di komputer
    letak registry

  • Di panel sebelah kanan, temukan Start kemudian dobel klik.
    cara hilangkan activate windows di komputer
    posisi edit

  • Isikan value data dengan angka 4 dan klik OK.
  • Tutup Registry Editor dan Restart komputer anda. Cek apakah Watermark Activate Windows masih ada atau sudah hilang.

Menghilangkan watermark activate windows tidak berarti kita sudah mengaktifkan windows yang kita pakai. Ini hanya menyamarkan bahwa sesungguhnya kita belum mengaktifkan lisensi Windowsnya. Jadi ada kemungkinan ini akan muncul kembali di lain waktu. Untuk menghilangkannya secara permanen, belilah lisensi originalnya.

Di luar hal tersebut, Fungsi windows akan tetap bekerja sebagaimana mestinya. Termasuk update fitur dan update keamanannya.

Demikian cara hilangkan activate windows di komputer. Jika anda memiliki pengalaman lain terkait hal ini, silahkan anda tambahkan di kolom komentar di bawah ini.


PERHATIAN
PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SEGALA KERUSAKAN PERANGKAT  DAN ATAU KEHILANGAN DATA YANG TIMBUL AKIBAT TUTORIAL INI. PASTIKAN ANDA SUDAH MELAKUKAN BACKUP SEGALA DATA ANDA!!!

referensi

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments