Cara Convert MacOS Installer Ke ISO

cara convert macos installer ke iso

MacOS adalah sistem operasi eksklusif milik Apple yang didesain agar berjalan secara khusus di perangkat Apple. Hal ini tentu saja agak merepotkan jika penggunanya berada di daerah yang cukup jauh dari Apple Servis center. Misalkan saja seseorang pengguna Mac mengalami error di OS dan harus reinstall perangkat Mac nya. Tentu saja proses membuat installer MacOS nya kudu menggunakan perangkat Apple juga. Nah berawal dari kasus tersebut, maka KangMusNet membagi cara convert MacOS Installer ke ISO. Ini menjadi alternatif ketika kita mau membuat USB installer tetapi terkendala di perangkat yang ada. Jadi kita bisa membuat USB Installer menggunakan Windows.

Cara Convert MacOS Installer Ke ISO

Untuk memulai convert MacOS installer ke iso file, hal kita harus siapkan berikut ini.

Alat dan Bahan

Perangkat yang terinstall MacOS.

MacOS installer dari Apple AppStore.

Link Download

MacOS BigSur

Cara Convert MacOS Installer Ke ISO

  • Download MacOS dari Appstore sesuai dengan kebutuhan yang anda ingin convert ke ISO.
    cara convert macos installer ke iso
    download macos installer dari apple app store

  • MacOS Installer hasil download dari Apps Store biasanya ada di folder /Application dengan ekstensi .app. sebagai contoh di sini adalah Install macOS BigSur.app.
  • Buka terminal dengan cara klik command+Spasi di keyboard, kemudian ketik terminal dan tekan enter.
  • Buat temporary disk image dengan mengetik script berikut di terminal. hdiutil create -o /tmp/MacOSBigSur -size 12500m -volname MacOSBigSur -layout SPUD -fs HFS+J.
  • Setelah itu mount disk image yang sudah dibuat di langkah sebelumnya dengan mengetik script berikut ini. hdiutil attach /tmp/MacOSBigSur.dmg -noverify -mountpoint /Volumes/MacOSBigSur.
  • Copy file dari installer ke disk image yang sudah dibuat. sudo /Applications/Install\ macOS\ Big\ Sur/Contents/Resources/createinstallmedia --volume /Volumes/MacOSBigSur --nointeraction.
  • Tekan enter dan masukkan admin password untuk memulai proses copy filenya. Tunggu sampai proses selesai.
  • Ketika sudah selesai, unmount disk image dengan script berikut ini. hdiutil detach /Volumes/MacOSBigSur/.
  • Selanjutnya kita akan lakukan konversi Installer MacOS yang baru saja kita buat ke dekstop. hdiutil convert /tmp/MacOSBigSur.dmg -format UDTO -o ~/Desktop/MacOSBigSur.cdr.
  • Setelah itu kita akan konversi dari CDR ke ISO menggunakan script berikut ini. mv ~/Desktop/MacOSBigSur.cdr ~/Desktop/BigSur.iso.
  • Proses konversi installer macOS selesai. Anda bisa gunakan untuk membuat installer di virtualbox, vmware, bahkan membuatnya menjadi USB installer sekalipun.

Deminikan tutorial cara convert macos installer ke iso. Jika anda memiliki informasi lain terkait hal ini, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar