Cara Membuka Adaptor Laptop

cara membuka adaptor laptop
Halo teman- teman, jumpa lagi di sesi tutorial kangmus.net. Beberapa waktu lalu, teman saya datang dengan membawa sebuah adaptor power supply keyboard musik merk Roland. Dia mengatakan bahwa adaptornya tersebut sering nyala mati saat digunakan. Sudah mencari adaptor pengganti di beberapa online shop, ternyata stok kosong. Teman saya pun kebingungan soalnya adaptor tersebut ternyata mau segera dipakai. saya pun lalu mengecek adaptor tersebut menggunakan multi tester. ternyata ada jalur kabel yang putus di dalamnya. Mari kita simak artikel cara membuka adaptor laptop berikut ini.


Cara Membuka Adaptor Laptop

Adaptor laptop atau dikenal dengan charger laptop didesain untuk tidak dibongkar ulang. Pihak pabrikan biasanya memberikan lem pada sambungan casing adaptor laptop mereka. Mungkin tujuannya agar properti charger milik mereka tidak di otak atik. Lantas bagaimana cara membuka adaptor tersebut?

Alat Dan Bahan

  • Minyak kayu putih segala merk.
  • Pisau cutter.
  • Obeng.
  • Solder.
  • Multi Tester. 



Langkah Membuka Adaptor Laptop

Untuk proses membuka adaptor ini sebenarnya bisa dibilang relatif mudah. Oke langsung saja kita mulai proses membuka adaptor ini.
  • Pastikan anda berhati hati dalam proses ini. Benda tajam seperti pisau cutter bisa melukai anda.
  • Letakkan adaptor secara horizontal, gores sambungan casing dengan ujung cutter.
    cara membuka adaptor laptop
    gores sambungan casing pembungkus adaptor
  • Lakukan goresan di sekeliling charger untuk memberikan jalur minyak kayu putih.
  • Posisikan cutter seperti gambar berikut. Kemudian teteskan minyak kayu putih di atas pisau cutter. Lakukan si semua sisi. Beri tekanan seperti anda sedang menekan sebuah tuas.
    cara membuka adaptor laptop
    congkel seperti menekan tuas pelan-pelan
  • Setelah semua sisi sudah terolesi minyak kayu putih, tunggu kurang lebih 10 - 15 menit agar minyak kayu putih bereaksi.
  • Setelah itu posisikan pisau cutter di garis sambungan casing, ungkit tutup casing seperti proses sebelumnya. 
  • Lakukan ungkitan secara merata di semua sisi.
  • Jika sudah ada sisi yang terbuka, tarik secara pelan, kemudian lanjutkan proses membukanya. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih jika merasa kesulitan.
    cara membuka adaptor laptop
    adaptor terbuka karena reaksi minyak kayu putih
Casing adaptor laptop sudah selesai dibuka dengan kerusakan yang sangat minim. Anda bisa memeriksa kerusakan yang ada di dalam adaptor tersebut menggunakan multitester atau AVO meter.
JIka anda merasa kesulitan, silahkan anda lihat video berikut ini.


Setelah proses perbaikan adaptor laptop atau adaptor perangkat lain yang mempunyai kriteria casing seperti adaptor laptop, silahkan anda pasang kembali kedua sisi casing. Pastikan tidak ada kabel yang terjepit atau ada rangkaian yang konslet. Berikan sedikit hard glue agar sambungan rapat. Alternatif lain anda bisa mengikat adaptor laptop dengan kabel ties.

Demikian artikel cara membuka adaptor laptop yang tidak memiliki baut. Ini bisa anda praktekkan ke berbagai adaptor bertipe press seperti adaptor laptop, adaptor cctv, adaptor keyboard dan sebagainya.

PERHATIAN
PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SEGALA KERUSAKAN AKIBAT ARTIKEL INI. SEMUA LANGKAH DI ARTIKEL INI SUDAH DICOBA LANGSUNG OLEH PENULIS.  

referensi
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar