Shortcut Keyboard MacOS Yang Perlu Diketahui

shortcut keyboard macos yang perlu diketahui
Hai sobat KangMus, jika anda saat ini adalah pengguna Microsoft Windows ataupun Linux yang sedang beralih ke MacOS, tentu membutuhkan beberapa penyesuaian. Ketika menggunakan sistem operasi lama anda terbiasa menggunakan Shortcut atau jalan pintas, maka pada MacOS pun anda tentu menginginkan adanya shortcut yang akan mempercepat pekerjaan anda menggunakan OS dari Apple ini. Berikut adalah shortcut keyboard MacOS yang perlu diketahui.

Sebelum membahas ke shortcut lainnya, perlu anda ketahui bahwa shortcut dasar seperti Copy dan Paste itu hampir mirip dengan OS lainnya. Cmd+C untuk copy mirip dengan Ctrl+C di windows maupun Linux. Begitu juga Cmd+V mirip Ctrl+V di Linux dan Windows.

Shortcut Penting Keyboard Mac OS Yang Perlu Diketahui


Menutup Program atau Aplikasi

Jika anda terlalu banyak membuka jendela aplikasi, maka untuk mengeluarkannya cukup menekan tombol di keyboard dengan kombinasi Cmd+Q. Fitur ini mirip dengan Alt+F4 di Windows.

Menutup Jendela Aplikasi

Jika pada shortcut sebelumnya berfungsi untuk menutup segala jendela yang ada, maka shortcut Cmd+W hanya akan menutup jendela yang aktif saja.

Menambah Tab Browser

Ketika anda menggunakan internet untuk browsing, tentu tak jarang anda membuka beberapa tab sekaligus. Untuk membuka tab baru pada browser anda cukup menekan Cmd+T. Menekan secara terus menerus akan membuka banyak tab. Jika anda menggunakan Google Chrome, anda bisa membuka tab yang baru saja ditutup dengan menekan Cmd+Shift+T.

Menutup Tab Browser Yang Terbuka

Saat tab browser terbuka, dapat kita ingin menutupnya secara tepat, anda bisa menutup dengan cepat dengan menekan tombol Cmd+W.

Berpindah ke Aplikasi Lain Yang Terbuka

Dengan menekan kombinasi keyboard Cmd+Tab, aplikasi yang terbuka akan nampak. Tentu saja ini memudahkan anda berpindah program.

Copy, Paste, Dan Cut

Ini adalah shortcut dasar keyboard yang perlu diketahui oleh pengguna MacOS. Bagi blogger ataupun seseorang yang sering bekerja dengan dokumen, pasti memerlukan shortcut ini.

  • Cut : Cmd+X
  • Copy : Cmd+C
  • Paste : Cmd+V


Menyembunyikan Semua Jendela Aplikasi

Mungkin suatu saat anda membuka banyak sekali jendela aplikasi di MacOS. Nah untuk menyembunyikan semua jendela yang terbuka, cukup tekan Cmd+H. Semua aplikasi akan tersembunyi.

Menutup Jendela Aktif

Untuk menutup jendela yang sedang aktif, tekan Cmd+W. Jika shortcut ini dipakai di web browser, maka tab yang aktif saat itu akan menutup tanpa menutup browser.

Sembunyikan Semua Jendela Kecuali Satu Yang Aktif

Ketika kita bekerja dengan Mac, dan saat itu kita mempunyai jendela yang terbuka terlalu banyak. Maka untuk menyembunyikan semua Aplikasi yang terbuka kecuali yang sedang dipakai saat itu
Anda cukup menekan tombol Cmd+Option+H.
shortcut keyboard macos yang perlu diketahui
contoh penggunaan shortcut


Tampilkan Dan Sembunyikan Dock Aplikasi

Docking MacOS ada kalanya cukup membantu. Tetapi kadang membuat layar menjadi agak sempit. Saat anda tidak memerlukan Docking, anda bisa menyembunyikannya dengan menekan tombol Cmd+Option+H.

Screenshot

MacOS menyediakan jenis screenshot yang berbeda. Kita bisa lakukan screenshot semua layar. Jenis screenshot-nya yaitu screenshot semua layar, sebagian windows, atau sebagian area layar. Berikut shortcut untuk melakukan screenshot.

  • Cmd+Shift+3 : Screenshot seluruh layar.
  • Cmd+Shift+4 +Space: Screenshot jendela tertentu.
  • Cmd+Shift+4 : Screenshotpada bagian layar tertentu.


Demikian artikel tentang shortcut keyboard macos yang perlu diketahui bagi pengguna baru. Jika anda memiliki pengalaman lain terkait hal ini, silahkan anda tambahkan di kolom komentar di bawah ini.


sumber gambar
referensi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar