Cara Perbaiki Keyboard Laptop Error

cara perbaiki keyboard laptop error
Bagi sebagian besar orang, bekerja menggunakan bantuan komputer atau laptop sudah menjadi biasa. Pada aktifitas mereka bekerja, tak jarang pula menemukan beberapa masalah terhadap perangkat yang mereka pakai.Salah satu perangkat yang cukup rawan saat digunakan adalah laptop atau notebook. Laptop yang anda pakai, mungkin saat ini normal dan pemakaian anda pun sesuai prosedur. Bisa jadi besok keyboard anda bermasalah, atau OS yang ada di dalamnya crash. Banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi tiba-tiba. Nah untuk itu kita akan bahas cara perbaiki keyboard laptop error.

Pernahkah kalian mengalami sebagian keyboard  dilaptopnya tidak muncul huruf saat diketik? Atau hurufnya berjalan sendiri meski anda tidak memencetnya? Baik kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengatasi hal tersebut jika terjadi pada anda.

Cara Perbaiki Keyboard Laptop Error


Saat ini saya mendapat order servis laptop. Teman saya bilang keyboardnya susah dan ada yang tidak muncul saat dipencet. Saya akan menggunakan aplikasi Passmark Keyboard Test versi trial. Software ini bisa kita download di situs resminya. Dengan software Passmark Keyboard Test ini, kita bisa melihat keyboard mana yang muncul karakternya atau bahkan menekan sendiri sehingga keyboard seolah-olah mengetik dengan sendirinya.

Cek Keyboard Dengan Passmark Keyboard Test

  1. Download software Passmark Keyboard Test.
  2. Install di komputer anda.
  3. Test satu persatu tuts keyboard anda.

Jika keyboard laptop atau komputer anda normal, di aplikasi Passmark Keyboard Test akan berwarna merah saat di tekan, kemudian berubah menjadi hijau ketika tekanan di keyboard kita lepas. Jika berwarna merah terus menerus, ada kemungkinan tuts bermasalah atau dalam kondisi terpencet terus menerus tanpa jeda.
Jika pada aplikasi tidak ada indikator warna merah atau hijau, ada kemungkinan tuts tersebut tidak berfungsi. Jadi tidak ada input yang terdeteksi oleh aplikasi.

Setelah kita test menggunakan aplikasi, kita bisa tentukan apakah keyboard laptop kita bermasalah atau tidak. Jika keyboard laptop bermasalah, maka kita harus melakukan penggantian. Berikut adalah salah satu cara mengganti keyboard laptop. Kebetulan laptop yang saya perbaiki adalah ASUS X441M.

Ganti Keyboard Laptop

Untuk mengganti keyboard laptop, hal yang perlu anda persiapkan adalah
  1. Keyboard pengganti sesuai dengan seri laptop anda.
  2. Obeng set.
  3. Cutter.
  4. Lem tembak.
  5. Pick membuka casing.

Link Download

Passmark Keyboard Test


Langkah-langkah Ganti Keyboard Laptop Error

  1. Buka sekrup penutup laptop. Pastikan diameter obeng sesuai agar kepala sekrup tidak rusak. Simpan sekrup ditempat aman.
  2. Congkel separator casing menggunakan pick sampai merata di semua sisi.
  3. Setelah semua terbuka, angkat pelan-pelan. Di sini kita harus menjaga agar kabel fleksibel tidak rusak.
  4. Lepaskan kabel fleksibel keyboard dan touchpad dari socket di mainboard.
  5. Setelah semua terlepas, amankan body laptop dan layarnya. Kita akan fokus di casing penutup dan keyboardnya saja.
  6. Jika anda lihat, keyboard laptop ASUS X441M ini menyatu dengan casing sisi atas laptop bukan? Keyboard dipress menggunakan plastik yang dipanaskan. Kita akan copot keyboard ini pelan pelan.
    cara perbaiki keyboard laptop error
    keyboard laptop asus x441m menyatu dengan casing
  7. Potong press plastik dengan cutter. Pastikan anda berhati-hati dalam memotongnya. Jangan sampai anda terluka oleh pisau cutter, atau malah cutter mengenai part lain yang menempel.
    cara perbaiki keyboard laptop error
    proses memotong press platik
  8. Setelah semua plastik pengunci berhasil kita potong, congkel keyboard pelan-pelan menggunakan obeng minus.
  9. Setelah terangkat, silahkan ganti keyboard laptop anda.
  10. Panaskan lem tembak.
  11. Tekan keyboard agar menempel di posisi semula, kemudian lem menggunakan lem tembak satu persatu pada posisi yang kita potong sebelumnya.
    cara perbaiki keyboard laptop error
    proses pengeleman keyboard
  12. Pastikan keyboard terkunci dengan benar. Tunggu sampai lem benar-benar kering.
  13. Pasang kembali kabel fleksibelnya ke socket di mainboard. Nyalakan laptop.
  14. Silahkan dicoba untuk mengetik atau gunakan software Passmark Keybvoard test kembali.
    cara perbaiki keyboard laptop error
    proses test ulang dengan software passmark keyboard test
  15. Jika sudah dalam kondisi semula, shutdown laptop dan pasang sekrup sesuai tempatnya. Proses ganti keyboard selesai.


Jika anda masih merasa kebingungan dalam mengganti keyboard laptop, silahkan anda tonton videonya di bawah ini. SIlahkan ikuti dengan seksama.



Demikian tutorial cara perbaiki keyboard laptop yang error. Jika anda memiliki pengalaman lain, silahkan anda berbagi kisahnya di kolom komentar di bawah ini.

DISCLAIMER
SILAHKAN HUBUNGI TEKNISI KEPERCAYAAN ANDA UNTUK PROSES PERBAIKAN. ATAU KONTAK SERVIS CENTER RESMI PERANGKAT ANDA JIKA ANDA TIDAK MEMILIKI PENGETAHUAN DIBIDANG INI. MEMBUKA PERANGKAT ELEKTRONIK BISA MENYEBABKAN GARANSI BATAL & PERANGKAT MENJADI MALFUNGSI.

referensi
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar