Mengatasi Error VirtualBox Di MacOS Monterey

mengatasi virtualbox error di macos

Hai sobat kangmus, Apple belum lama ini merilis MacOS Monterey secara resmi ke publik. Tentu saja dengan dirilisnya MacOS baru, maka akan ada beberapa ketidak stabilan dan kompatibilitas beberapa aplikasi yang saat ini kita pakai. Entah dari arsitektur atau komponen yang ada di dalam MacOS monterey atau hal lainnya. Oleh karena itu, biasanya pembuat aplikasi akan memberikan update agar bekerja dengan optimal di versi OS baru. Salah satu pengalaman saya adalah menjalankan VirtualBox di MacOS Monterey ini. Berikut cara mengatasi error VirtualBox  di MacOS Monterey.

Mengatasi Error VirtualBox Di MacOS Monterey


Error di virtualbox yang saya alami adalah ketika kita mau menjalankan virtual machin, maka muncul error yang menyatakan kernel tidak berjalan dan lain-lain. Saya sudah menyertakan disalah satu screenshot berikut ini.
mengatasi virtualbox error di macos
error saat running virtual mesin di virtualbox macos



Jadi setelah ada error seperti gambar di atas, maka virtual mesin di virtualbox tidak bisa start. Tentu saja ini akan mengganggu bagi anda yang terbiasa menjalankan platform OS tertentu untuk ujicoba tau lainnya. Nah untuk mengatasi hal itu, maka ikutilah langkah berikut ini.

Alat dan bahan

Aplikasi terminal di MacOS

Cara Mengatasi Error VirtualBox Di MacOS Monterey

Buka aplikasi terminal di MacOS.
Ketikkan script di bawah ini satu demi satu kemudian tekan enter. 
 
sudo kextload -b org.virtualbox.kext.VBoxDrv 
sudo kextload -b org.virtualbox.kext.VBoxNetFlt 
sudo kextload -b org.virtualbox.kext.VBoxNetAdp 
sudo kextload -b org.virtualbox.kext.VBoxUSB 

Proses selesai. Silahkan buka kembali virtualbox yang ada di Mac anda. Jika semua berjalan normal, maka virtual mesin di virtualbox bisa dijalankan kembali. 
 
Jika anda merasa bingung, berikut video yang bisa anda jadikan pedoman.
 
 

Demikian cara Mengatasi Error VirtualBox Di MacOS Monterey. Jika anda memiliki pengalaman lain terkait hal ini, silahkan tambahkan kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar